Minggu, 12 Mei 2013

Laporan Prakerin SMK TKJ DARUL MUQOMAH Perbaikan Jaringan Di UPT Perpustakaan Universitas Jember



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN DIKLAT 2012/2013

PERBAIKAN JARINGAN
UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI JEMBER





.


Disusun Oleh 

NAMA                        :ERNA FARIDATUL AISAH
NIS                             :088/088.071
Komp. Keahlian          :Teknik Komputer dan Jaringan




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK DARUL MUQOMAH
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Jl. Sultan Agung No. 2-4 Purwoasri – Gumukmas – Jember
Telp. (0336) – 3125050 e-mail : smkdm@telkom.net
Jember 68165
2013


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan yang berjudul “PERBAIKAN JARINGAN
UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI JEMBER
“ yang disusun oleh:

Nama               : Erna Faridatul Aisah
NIS                 : 088/088.071
Jurusan            : Teknik Komputer Dan Jaringan
Telah disetujui dan disahkan
UPT. PERPUSTAKAAN
UPT. PERPUSTAKAAN
Kepala


Dra. Tri Lestari, SIP.Msi.
NIP. 
Pembimbing Instansi


Achmad Taufik H, A.Md
NIP.
SMK Darul Muqomah
SMK darulMuqomah
Guru Pembimbing I


Iin Nur Aisyah, S. Kom
NIP.
Guru Pembimbing II


Nurul Hidayah, S.Pd
NIP.



Kepala Sekolah
SMK DARUL MUQOMAH


Zainil Ghulam, M.Hi
NIP.



MOTTO

Pekerjaan akan lebih mudah jika kita melaksanakannya denganniat dan bersungguh
(NN)

Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar atau dirham, tetapai mereka mewariskan ilmu.
(Terjemahan QS. Al – ikhlas[112]:2)

Percayalah anda pasti bisa
(NN)



Kata Pengantar
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT.dengan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga akhirnya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan selama mengikuti proses praktek kerja industry (Prakerin) di UPT.PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER selama 4 bulan, penulis banyak mendapatkan pengetahuan yang lain di dalam dunia industry, terutama banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai.
            Sebelum melanjut kan penyusunan, terlebih dahulu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada       :
1.      Bpk. Zainil Ghulam, M. Hi selaku kepala sekolah SMK DARUL MUQOMAH.
2.      Ibu Dra. Tri Lestari SIP, M.Si. selaku Pimpinan di UPT Perpustakaan Universitas Jember (UNEJ).
3.      Bapak Doni Radesa selaku ketua prakerin.
4.      Ibu Iin Nur Aisah S. Kom selaku pembimbing 1 dan Ibu Nurul Hidayah S.pd selaku pembimbing 2 dari SMK DARUL MUQOMAH.
5.      Bpk. Moch. Siadik, SE. selaku pembimbing di Dunia Industry.
6.      Bpk. AchmadTaufik selaku pamong di Dunia Industri.
7.      Bpk. danIbu guru SMK DARUL MUQOMAH.
8.      Kedua orang tua dan keluarga saya yang telah memebri dorongan semangat.
9.      Seluruh teman – temanku di SMK DARUL MUQOMAH, terutama Erla Aristantia Kusumawardani, Riska Desi Artanita, Ahmad DwiAndriawan, Candi Satriyo, Muhammad Irfan yang selalu menemani dalan pembuatan laporan ini.
10.  Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satuper satu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi, sehingga dapat terselesaikannya laporan ini.
Saya mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, mohonkritikdan saran yang sifatnya membangun. Semoga laporan ini berguna, khusunya untuk penulis dan masyarakat pada umumnya.
Penulis

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                                               i
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                                ii
MOTTO                                                                                                                                    iii
KATA PENGANTAR                                                                                                            iv
DAFTAR ISI                                                                                                                            v
DAFTAR GAMBAR                                                                                                              vii
DAFTAR TABEL                                                                                                                   ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   LatarBelakang
1.1.1.      Latar belakang PRAKERIN                                                                           1
1.1.2.      Alasan Pemilihan Judul                                                                                   2
1.1.3.      RumusanMasalah                                                                                            2
1.2.   Tujuan                                                                                                                        2
1.3.   Waktu dan Pelaksanaan PRAKERIN                                                                       3
1.4.   Profil instansi
1.4.1.      Sejarah Singkat UPT Perpustakaan Universitas Jember                                 4
1.4.2.      Struktur Organisasi UPT Perpustakaan Universitas Jember                           5
1.5.   VisidanMisi
1.5.1.      Visi                                                                                                                  6
1.5.2.      Misi                                                                                                                 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA    
2.1.   Pengertian Jaringan Komputer                                                                                  7        
2.2.   Klasifikasi jaringan
2.2.1.   Berdasarkan Letak Geografis                                                                           7
2.2.2.   Berdasarkan fungsi                                                                                           10
2.2.3.   Berdasarkan topologi                                                                                       11
2.2.4.   Berdasarkan distribusi                                                                                      15
2.2.5.   Berdasarkan media transmisi                                                                            15
BAB III URAIAN KEGIATAN & PEMBAHASAN
3.1.   Perbaikan Jaringan
3.1.1.      Persiapan Perbaikan Jaringan                                                                          16
3.1.2.      Setting Jaringan                                                                                              22
BAB IV PENUTUP
4.1.   PENUTUP                                                                                                                 25
BAB V KESIMPULAN
4.1.   Kesimpulan
4.1.1.      Kesimpulan Praktek Kerja Industri                                                                26
4.1.2.      Kesimpulan Uraian                                                                                         27
4.2.   Saran – saran
4.2.1.      Saran Untuk Sekolah                                                                                      27
4.2.2.      Saran Untuk UPT. Perpustakaan Universitas Jember                                     28
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                          29
LAMPIRAN - LAMPIRAN





DAFTAR GAMBAR
Gambar. 1.                                                                                                                              5
Gambar. 2.                                                                                                                              8
Gambar. 3.                                                                                                                              8
Gambar. 4.                                                                                                                              9
Gambar. 5.                                                                                                                              11
Gambar. 6.                                                                                                                              12
Gambar. 7.                                                                                                                              13
Gambar. 8.                                                                                                                              14
Gambar. 9.                                                                                                                              16
Gambar. 10.                                                                                                                            16
Gambar. 11.                                                                                                                            17
Gambar. 12.                                                                                                                            17
Gambar. 13.                                                                                                                            17
Gambar. 14.                                                                                                                            18
Gambar. 15.                                                                                                                            18
Gambar. 16.                                                                                                                            19
Gambar. 17.                                                                                                                            20
Gambar. 18.                                                                                                                            20
Gambar.19.                                                                                                                             20
Gambar. 20.                                                                                                                            21
Gambar. 21.                                                                                                                            21
Gambar. 22.                                                                                                                            22
Gambar. 23.                                                                                                                            22
Gambar. 24.                                                                                                                            23
Gambar. 25.                                                                                                                            23
Gambar. 26.                                                                                                                            24
Gambar. 27.                                                                                                                            24


DAFTAR TABEL
Tabel. 1.                                                                                                                                  3
Tabel. 2.                                                                                                                                  18
Tabel. 3.                                                                                                                                  20
Tabel. 4.                                                                                                                                  21




 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
1.1.1.      Latar Belakang Prakerin
Pada dasarnya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi siswa yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan sekolah dengan pendidikan Dunia usaha / Dunia industry, yang diperoleh melalui kegiatan Praktik kerja secara langsung dan terarah untuk mencapai keahlian professional, dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat terbentuk dengan tiga unsure utama yaitu Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Kiat.
Pelaksanaan PRAKERIN yang wajib diikuti oleh para siswa – siswi SMK DARUL MUQOMAH adalah untuk menghasilkan siswa – siswi yang mampu berperan dalam bidang yang telah dibidanginya dan mampu menghasilkan siswa – siswi yang kreatif dan bertanggung jawab.
Ada beberapa yang melatar belakangi Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yaitu:
1.      Menerapkan teori yang didiapat oleh setiap siswa – siswi.
2.      Menghubungkan teori yang telah diperoleh dengan hasil Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
3.      Membuat analisa dan pengamatan terhadap hubungan antara teori dan kenyataan.
4.      Mempelajari situasi kerja sesuai ilmu yang didapat dilingkungan sekolah.



1.1.2.      Alasan Pemilihan Judul
Ketika penulis melaksanakan tugas PRAKERIN di UPT Perpustakaan Universitas Jember, penulis banyak melaksanakan praktik diantaranya yaitu: merakit personal computer, membuat jaringan, memperbaiki jaringan, menginput buku, mengin[ut skripsi, membuat kolasi untuk buku baru, pelayanan administrasi foto copy skripsi, pendowloadtan jurnal, dan pelayanan di ruang internet. Namun yang paling sering penulis lakukan adalah perbaikan jaringan internet.Maka dari itu saya memilih judul “Perbaikan Jaringan”.


1.1.3.      Rumusan masalah
Berdasarkan uraian dan latar belakang, maka perumusan masalah yang ditetapkan dalam laporan ini adalah sebagai berikut:
“ apakah dengan adanya perbaikan pada jaringan yang eror dapat diperbaiki dengan baik dan benar ”.


1.2.   Tujuan
Tujuan diadakannya prakerin adalah melatih siswa – siswi untuk belajar bekerja di dunia nyata (dunia industry). Dengan adanya ini maka siswa dan siswi mampu memahami apa yang disebut berkeja secara nyata. Membantu siswa dan siswi dalam menyonsong masa depan bekerja, dan menjadikan pelajar terutama SMK lebih maju.



1.3.   Waktu Pelaksanaan Prakerin

No.
Hari
Jam masuk
Jam istirahat
Jam Pulang
1.
Senin
07:00
12:00
15:00
2.
Selasa
07:00
12:00
15:00
3.
Rabu
07:00
12:00
15:00
4.
Kamis
07:00
12:00
15:00
5.
Jum’at
07:00
-
11:00
6.
Sabtu
Libur
Libur
Libur
7.
Minggu
Libur
Libur
Libur

Tabel.1


1.4.   Profil Instansi
1.4.1.      Sejarah Singkat UPT Perpustakaan Universitas Jember
Perpustakaan Universitas Jember merupakan salah satu perpustakaaan peguruan tinggi di Indonesia khususnya di Jember, pada awalnya Universitas ini bernama Universitas Tawang Alun yang berdiri pada tanggal 4 november 1957, kemudian pada tahun 1964 Universitas Tawang Alun ini berstatus “Negeri” yang kemudian karena berlalunya waktu Universitas ini berubah menjadi Universitas Jember atau disingkat UNEJ pada tahun 1984.

Awalnya Perpustakaan itu hanya menempati ruang yang masih sangat sempit dengan ukuran 20 m persegi dan saat itu koleksi yang dimiliki hanya 200 eksemplar buku koleksi, yaitu buku yang hanya berasal dari sumbangan dosen dan hadiah dari instansi Pemerintah Swasta dan Asing serta hibah dari perpustakaan Tawang Alun itu sendiri, pada saat itu Perpustakaan hanya dikelola oleh dua tenaga kerja saja. Kondisinya itu berkembang hingga sekarang UPT.Perpustakaan yang berlokasi di jalan Kalimantan Itu kini memiliki 3 lantai.

Lantai pertama digunakan untuk ruang pimpinan, ruang pengadaan dan pengolahan ruang pertemuan, ruang pengolahan buku (BINKOL), ruang administrasi, ruang penitipan barang, dan ruang digital internet.Lantai kedua di gunakan untuk ruang sirkulasi, ruang baca, dan kafetaria.Lantai ketiga digunakan untuk ruang layanan koleksi referensi, skripsi, tesis, karya ilmiah dosen, dan ruang foto copy dan mushola.


1.4.2.      Struktur Organisasi UPT Perpustakaan Universitas Jember

Gambar. 1.


1.5.   Visi dan Misi
1.5.1.      Visi
Sebagai perpustakaan modern dengan layananprima yang mampu menunjang visi Universitas Jember
1.5.2.      Misi
·         Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan ketersediaan bahan pustaka dan informasi ilmiah sesuai dengan kebutuhan pengguna secara berkelanjutan.
·         Meningkatkan kualitas dan system manajemen layanan perpustakaan secara profesional dengan  memanfaatkan teknologi informasi.
·         Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan pusat-pusat informasi dan lembaga terkait dalam dan luar negeri.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.   Pengertian Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer beserta perangkat – perangkat lain sebagai pendukung computer yang saling terhuhbung satu sama lain dalam satu kesatuan. Media jaringan computer bisa tanpa kabel dan juga bisa menggunakan kabel, hal ini memungkinkan pengguna jaringan computer dapat saling betukar informasi, misalnya data atau dokumen, dapat mencetak melalui printer yang sama di dalam satu jaringan yang sama, dapat berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lain (email – chatting) untuk mengakses informasi (web browsing).

2.2.   Klasifikasi Jaringan
2.2.1.      Berdasarkan Letak Geogrfis
Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan Wilayah Lokal atau Lokal Area Network (LAN), Jaringan Wilayah Metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan Wilayah Luas atau Wide Area Network (WAN).

1.      Jaringan Wilayah Lokal (LAN)
Jaringan wilayah lokal merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.


Gambar.2.


2.      Jaringan Wilayah Metropolitan (MAN)
Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable).

man1.jpg
Gambar.3.


3.      Jaringan Wilayah Luas (WAN)
Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
wan-world.gif
Gambar.4.



2.2.2.      Berdasarkan Fungsi
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer).Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya.Tentu saja konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas harddisk, maupun kecepatan prosesornya.Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.


2.2.3.      Berdasarkan Topologi
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
1.      Topologi bus
Topologi bus ini sering jug disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentangkan kemudian beberapakomputer dihubungkan pada kabel tersebut.

·         Kelebihan topologi bus
o   Layout kabel sederhana sehingga instalasi relatif lebih mudah.
o   Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi anatar client lainnya.
o   Hemat label sehingga lebih murah.

·         Kekurangan topologi bus
o   Jika kabel utama bus (backbone) putus maka komunikasi gagal.
o   Bila kebel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit.
o   Keamanan data kurang terjamin.

topologi-bus.jpg
Gambar.5.


2.      Topologi star
Disebut topologi star karena bentuknya mirip dengan bintang, sebuah alat disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini.
·         Kelebihan topologi star
o   Kegagalan komunikasi mudah ditelusuri
o   Kagagalan pada satu komponen/terminal tidak memengaruhi komunikasi terminal lain.
o   Karena setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengolahan lebih mudah.

·         Kekurangan topologi star
o   Boros dalam penggunaan kabel.
o   Kegagalan pusat kontrol (simpul pusat) memutuskan semua komunikasi.
o   Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi.


topologi-star.gif
Gambar.6.


3.      Topologi ring
Disebut topologi ring karena bentuknya seperti cincin yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan dihubungkan pada sebuah cicncin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concentrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.

·         Kelebihan topologi ring
o   Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat.
o   Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari atau kanan dari server.
o   Transmisi data yang relatif lebih sederhana seperti perjalanan paket data dalam satu arah saja.

·         Kekurangan topologi ring
o   Kerusakan salah satu mediapengirim/terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan.
o   Paket data harus melewati setiap komputer antara pengirim dan penerima, sehingga menjadi lebih lambat.
o   Pengembangan jaringan menjadi lebih kaku karena penambahan terminal atau node menjadi lebih sulit bila port sudah habis.

topologi ring.gif
Gambar.7.


4.      Token ring
Di dalam topologi token ring semua workstation dan server di hubungkan sehingga suatu pola lingkaran atau pola lingkaran atau cincin .Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputerlain ,bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi di terima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.


trani.gif
Gambar.8.

·         Kelebihan token ring
o   Tidak terjadi tabrakan pengiriman

·         Kekurangan token ring
o   Setiap node dalam  jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.


2.2.4.      Berdasarkan Distribusi
Berdasarkan distribusi informasi/data
·         Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer client – server yang mana komputer client yang befungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
·         Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan client membentuk system jaringan tertentu.

2.2.5.      Berdasarkan Media Transmisi
                                    Berdasarkan media transmisi data
·         Jaringan berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain diperlukan penghubung yaitu kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

·         Jaringan nirkabel (Wi – fi)
Merupakan jaringan dengan berupa gelombang elektromagneti. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.



BAB III
URAIAN KEGIATAN & PEMBAHASAN

3.1.   Perbaikan Jaringan
3.1.1.      Persiapan Perbaikan Jaringan
Persiapan awal jaringan adalah kita harus mengecek apa saja yang rusak, jika ada kerussakan. Terutama kita harus mengecek IP Addresnya, cara mengecek nya adalah ssebagai berikut.
o   Jika di Windows XP → Start → Run → CMD
Atau juga bias melalui shortcut tombol yang bergambar logo Windos + R
Jika di Windows 7 → Start → Accesoriess → Comand Prompt
Atau juga bisa melalui shortcut tombol yang bergambar logo Windos + R
Maka akan muncul tampilan seperti dibwah ini.
cmd.jpgJika sudah muncul maka anda harus menuliskan “cmd” pada kolom yang sudah tersedia.




Gambar. 9.
o   Setelah anda menuliskan “cmd” maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini


cmd-admin2.png
 





Gambar. 10.



o   Jika sudah muncul seperti Gb. 10. maka anda harus melakukan apa yang ingin anda lakukan, missalnya anda mau mengecek IP Addres. Maka anda harus menuliskan “ipconfig” seperti pada gambar di bawah ini.

check ip address.jpg
Gambar. 11.
Setelah anda menuliskan → tekan enter maka IP Addres nya akan mucul.

o   Setelah cukup, dan jika tidak ada kesalahan pada IP Addres anda, maka anda harus mencoba mengkoneksikan dengan computer yang lain, dengan cara menge – ping.

CTX108747-1.gif
Gambar. 12.

8QVkT.png
Gambar. 13.
destination-error1.jpg
Gambar. 14.
2.jpg
Gambar. 15.
Ket:
Nama IP Addres
Keterangan
Reply From 175.0.0.23: bytes =32 time=2ns TTL=64
Sukses dalam penggabungan, dan tidak terjadi masalah.
Request Timed Out
Ada kesalahan pada IP Addres
Destination Host Unreachable
Kesalahan pada kabel
Table. 2.

Cara mengatasi jika RTO (Request Time Out) adalah
§  Check kembali penulisan IP tujuan pada sintaks ping.
§  Chek kembali apakah pemasangan kabel sudah tepat dikomputer tujuan.
§  Check kembali NetID pada komputer tujuan.
§  Matikan firewall di kedua komputer.

Cara mengatasi jika DHU (Destination Host Unreachable)
§  Silahkan anda check apakah Lan card di computer anda sudah terpasang dengan benar.
§  Check kembali penulisan IP Address pada computer anda.
§  Check kembali apakah kabel lan anda sudah terpasang dengan benar.


o   Jika pada IP Addres tidak ada masalah, maka coba lihat pada kabel LAN – nya. Coba anda copot dan pasang lagi, jika tetap tidak terdeteksi maka anda harus membuangnya dan membuat kabel jaringan yang baru.
A.    Cara membuat kabel jaringan (pengkabelan)

§  Siapkan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


UTP_cable.jpg
Gambar. 16.



No.
Susunan warna kabel UTP
1.
Orange putih
2.
Orange
3.
Hijau putih
4.
Hijau
5.
Biru putih
6.
Biru
7.
Coklat putih
8.
Coklat
Tabel. 3.
§  Siapkan konektor RJ – 45.
Konektor rj45.jpg

Gambar. 17.
§  Crimping tool.
NT-001-0315-big.jpg
Gambar. 18.
§  Kabel Tester.
tester.jpg

Gambar. 19.
A.    Pemasangan kabel pada konektor RJ – 45
Disini kita akan membuat pengkabelan jenis “STRAIGHT”.

Kabel A

Kabel B
Orange putih
Orange putih
Orange
Orange
Hijau putih
Hijau putih
Biru
Biru
Biru putih
Biru putih
Hijau
Hijau
Putih coklat
Putih coklat
Coklat
Coklat
Tabel. 4.
Setelah jadi maka anda harus meng – krimping dengan Crimping Tool.

4.png
Gambar. 20.
Setelah selesai anda harus mencek, apakah kabel tersambung dengan baik atau tidak.
img0046a.jpg
Gambar. 21.
Jika lampu berjalan dengan lancar maka anda telah sukses.

3.1.2.      Setting Jaringan
o   Start → my computer → klik kanan → properties.
Gambar. 22.
o   Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
Gambar. 23.
Untuk mengubahnya kita harus memilih “Change” agar kita dapat merubah “Computer Name” nya.Setelah anda merubahnya, tunggu sampai ada perintah untuk merestart computer, jika tidak ada perintah untuk merestart, maka anda harus merestart manual.

o   Setelah merubah computer name, anda harus merubah nama workgroup sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.
Caranya sama dengan merubah computer name.
Start → my computer → klik kanan → properties.
Gambar. 24.

Gambar. 25.
Pilih workgroup dan tulis nama workgroup sesuai dengan yang sudah ditentukan. Setelah itu tunggu sampai ada perintah untuk restart. Dan jika tidak ada perintah untuk restart maka anda harus merestart ulang.


o   Setelah semua setting computer name dan workgroup sudah selesai anda harus menyetting IP Addresnya

Buka control panel → network connection
Gambar. 26.
Pilih Iternet Protocol TCP/IP → properties
ip4-266x300.jpg
Gambar. 27.
Isikan sesuaii dengan yang sudah tersedia misalnya 192.168.9.45
Subnet mask akan otomatis 255.255.255.0 default gateway biasanya harus diisi sama dengan server misalnya 192.168.9.11
 Dan Preferred DNS server bias diisi dengan akun IP Google. Missal 203.130.208.18 dan Alternate DNS server 202.134.1.10
Setelah semua terisi anda tinggal klik “OK”.


BAB IV
PENUTUP

4.1.   Penutup
Dengan diadakannya Praktek Kerja Industri semua siswa dan siswi lebih mengerti bagaimana rasanya manjadi karyawan, meskipun hanya sebatas Praktek namun banyak hal – hal baru yang belum pernah penulis rasakan dan pelajari semasa hidup. Penulis sangat berterimakasih karena penulis dapat mngerti tata cara bagaimana menjadi karyawan yang baik dan benar.
Dengan adanya Praktek Kerja Industri ini, penulis dan siswa lainnya lebih berpengalaman bagaimana menghormati karyawan lain, dan bagaimana menghadapi permasalahan yang ada.Banyak pengalaman yang takkan terlupakan selama Praktek Kerja Industri ini. Pengalaman berharga ini akan penulis jadikan bekal untuk menyongsong ke – kehidupan yang lebih baik dan matang.
Sekian dulu laporan Praktek Kerja Industri ini.Penulis sadar bahwa laporan ini belum sempurna betul, karena Penulis juga masih dalam tahap pembelajaran, jika ada kesalahan mohon dimaklumi.




Penulis


BAB V
KESIMPULAN & SARAN

5.1.   Kesimpulan
5.1.1.            Kesimpulan Praktek Kerja Industri
Dalam bab ini penulis dapat menyimpulkan apa yang telah dipelajari dan dilaksanakan selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dari awal hingga akhir kegiatan yaitu sebagai berikut :
1)      Kegiatan PRAKERIN sangat bermanfaat bagi para siswa dan siswi SMK Darul Muqomah. Dengan adanya kegiatan PRAKERIN siswa dan siswi dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa dan siswi diharapkan dapat memiliki ketrampilan serta wawasan yang lebih tinggi.
2)      PRAKERINmerupakankegiatanpraktekdiluarjamsekolahyangbekerja samadenganinstansi/perusahaan atau industri,sehinggasiswa-siswidapatberlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3)      PRAKERINdapatmenunjangsiswauntukmenjaditenagakerjamenengah yangahlidanprofessionaldalambidangnyayangmampumemenuhipasar nasionalataubahkaninternasional.Denganbegitusiswa-siswiakan mempunyaisikapyangakanmenjadibekaldasarpengembangandiri secaraberkelanjutandandapatmengamalkanapayangtelahdiperolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
4)      Dalam suatu organisasi atau instansi, komunikasi kantor merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk tercapainya tujan yang diinginkan oleh karena itu kerjasama dari antara bagian merupakan salah satu perwujudan sikap yang akan meningkatkan kemajuan tugas operasional suatu perusahaan.
5)      Pertahankan kedisiplinan yang tinggi karena kedisiplinan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kemajuan suatu perusahaan.

5.1.2.            Kesimpulan Uraian
Dari uraian diatas penulis meyimpulkan bahwa computer dan jaringan harus lebih sering dikontrol, agar tidak sering terjadi kerusakan.
Apabila saat kita menguji koneksi jaringan menggunakan tools ping akan mendapatkan 4 macam respon yaitu :
1)      Reply from [alamat host tujuan] [kapasitas pengiriman] [waktu pengiriman] [TTL], tanggapan ini menandakan terjadi koneksi antara host penerima “ping”
2)      Request time out, tidak terjadinya koneksi antara dua host, penyebabnya belum dapat dipastikan atau penyebabnya masih bersifat umum, walaupun Alamat IP tujuan termasuk satu network dengan pengirim.
3)      Destination host uncreachable, kedua host yang berkomunikasi tidak terdapat dalam satu network.

5.2.     Saran – saran
5.2.1.    Saran Untuk Sekolah
Beberapa hal yang harus penulis ungkapkan demi kemajuan sekolah dan kemajuan siswa – siswi.
1)      Dalam penerimaan dan penempatan siswa – siswi PRAKERIN, hendakny amempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa – siswi, sehingga siswa – siswi dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki dan juga dapat menambah pengetahuan.
2)      Hendaknya guru pembimbing harus lebih sering memonitoring keperusahaan dimana siswa – siswi melaksanakan Praktek Kerja Industri. Agar guru pembimbing tau apa saja keluh kesah siswa – siswi selama Praktek Kerja Industri Berlangsung.


5.2.2.    Saran Untuk UPT. Perpustakan Universitas Jember
1)      Kepada Bapak dan Ibu yang ada di UPT. Perpustakaan Universitas Jember, penulis berharap Bapak dan Ibu tidak bosan – bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa dan siswi PRAKERIN, agar siswa – siwi lebih banyak tau tentang UPT. Perpustakaan Universitas Jember.
2)      Bagi pegawai hendaknya dapat lebih memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunkan selama bekerja, agar siswa – siswi lebih banyak tau tentang beberapa program aplikasi yang belum pernah siswa – siswi tau.
3)      Lebih meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.





Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar